MATA DIKLAT
KONVERSI ENERGI
KELAS XII
TKR
Pilihlah Jawaban yang Paling
Benar
- Motor diesel termasuk dalam :
a. Motor pembakaran dalam
b. Motor pembakaran luar
c. Internal combustion engine
d. Eksternal combustion engine
e. A dan C benar
- Istilah Motor diesel disebut dengan motor penyalaan kompresi adalah :
a. compression ignition
engine
b. engine
compression
c. engine compression tester
d. kompresi ignition enginer
e. kompresi ignision mesin
- pada saat langkah isap, piston bergerak dari TMA – TMB menghisap :
a. Bahan bakar dan udara
b. Udara murni
c. Bahan bakar murni
d. Oli dan udara
e. Bahan bakar dan oli
- Perbandingan ratio kompresi pada motor diesel adalah :
a. 15 – 22
b. 16 – 20
c. 16 – 18
d. 12 – 15
e. 13 - 25
- Fungsi dari feed pump adalah :
a. Menghisap udara murni
b. Mencampur udara dan bahan bakar
c. Menaikkan kompresi
d. Menghisap bahan bakar dari
tangki
e. Menghisap oli dari bak culter
Untuk No. 6 s/d 15 Perhatikan Gambar dibawah ini
Perhatikan pompa injeksi
Tipe In – Line dibawah ini :
6.
gambar no. 1 adalah :
![](file:///C:\Users\TUSMKT~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
a.
Fuel tank
b.
Fuel line
c.
Priming pump
d.
Feed pump
e.
Water sedimeter
7.
Gambar
no. 2 adalah :
b.
Fuel line
c.
Priming pump
d.
Feed pump
e.
Water sedimeter
8.
Gambar
no. 3 adalah :
a.
Fuel
tank
b.
Fuel line
c.
Priming pump
d.
Feed pump
e.
Water sedimeter
9.
Gambar
no. 4 adalah :
a.
Fuel
tank
b.
Fuel line
c.
Priming pump
d.
Feed pump
e.
Water sedimeter
10.
Gambar
no. 5 adalah :
a.
Fuel
tank
b.
Fuel line
c.
Priming pump
d.
Feed pump
e.
Water
sedimeter
11.
Gambar
no. 6 adalah :
a.
Fuel filter
b.
Injection pump
c.
Injection pipe
d.
Injector
e.
Over flow pipe
12.
Gambar
no. 7 adalah :
a.
Fuel
filter
b.
Injection
pump
c.
Injection pipe
d.
Injector
e.
Over flow pipe
13.
Gambar
no. 8 adalah :
a. Fuel filter
a. Fuel filter
b.
Injection pump
c. Injection pipe
d.
Injector
e.
Over flow pipe
14.
Gambar
no. 9 adalah :
a.
Fuel
filter
b.
Injection pump
c.
Injection pipe
d. Injector
e.
Over flow pipe
15.
Gambar no. 10 adalah :
![](file:///C:\Users\TUSMKT~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
a.
Fuel
filter
b.
Injection pump
c.
Injection pipe
d.
Injector
e. Over flow pipe
16.
Fungsi
sistem injeksi bahan bakar diesel tersebut dibawaah ini, kecuali :
a.
Menyimpan
bahan bakar
b.
Menyaring
bahan bakar
c.
Memompa
bahan bakar dalam ruang silinder
d.
Mengkabutkan
bahan bakar
e. Menghisap udara murni dalam
ruang bakar
17.
Syarat
utama sistem injeksi bahan bakar diesel adalah :
a.
Mengabutkan bahan bakar
b.
Menghasilkan
kompresi yang tinggi
c.
Meningkatkan
suhu kerja
d.
Mencegah
detonasi
e.
Semua
benar
18.
Fungsi
priming pump adalah :
a.
Menghisap bahan bakar dari tangki saat mengeluarkan udara palsu
b.
Menghisap
udara dari tangki untuk dimasukan dalam ruang bakar
c.
Mengeluarkan
bahan bakar
d.
Mengeluarkan
gas buang
e.
Meningkatkan
suhu kerja
19.
Fungsi
governor adalah :
a.
Memajukan
saat injeksi
b.
Mengatur kecepatan
c.
Menampung
bahan bakar
d.
Pipa
pengembali
e.
Menyaring
solar
No. 20 s/d 21. Perhatikan gambar dibawah ini :
|
20.
Pada
priming pump, cara kerja saat handle ditekan adalah :
a.
Diaphragm bergerak menyebabkan outlet check membuka, BB ke fuel filter
b.
Diaphragm
membuka menyebakan solar mengalir ke filter BB
c.
Diaphragm
bergerak menyebabkan solar dan udara murni mengalir ke ruang bakar
d.
Diaphragm
bergerak menyebabkan katup isap membuka
e.
Diaphragm
membuka, mengirim solar ke injector
21.
Tujuan inlet check valve menutup, adalah :
a.
Mencegah
udara palsu
b.
Mencegah solar kembali ke tangki
c.
Menampung
bahan bakar
d.
Mempercepat
suhu kerja
e.
Menyaring
solar
![](file:///C:\Users\TUSMKT~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
|
22.
Pada
priming pump, cara kerja saat pump handle dilepas adalah :
a.
Diaphargm
bergerak menyebabkan inlet check valve membuka
b.
Outlet
check valve tertutup
c.
Terjadi
kevakuman pada diaphragm
d.
Diapragm kembali ke posisi semula sehingga terjadi kevakuman
e.
Solar
naik
23.
Tujuan
Inlet check valve terbuka adalah :
a.
Mengalirkan solar ke ruang pompa
b.
Mengalirkan
solar ke injector
c.
Mengabutkan
solar
d.
Meningkatkan
power mesin
e.
Mencegah
udara palsu
24.
Fungsi
dari injection nozzle adalah :
a.
Menyemprotkan
bahan bakar
b.
Mencampur
BB dan udara dalam ruang bakar
c.
Mengabutkan bahan bakar dalam ruang bakar
e.
Mencampur
BB dan udara pada saat langkah isap
No. 25 s/d 28. Perhatikan klasifikasi Nozzel dibawah ini :
![](file:///C:\Users\TUSMKT~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image010.gif)
- Gambar no. 1 adalah :
a. Single hole
b. Multiple hole
c. Throtle
d. Pintle
e. Semua benar
Gambar no. 2 adalah :
a. Single hole
b. Multiple hole
c. Throtle
d. Pintle
e. Semua benar
- Gambar no. 3 adalah :
a. Throtle
b. Pintle
c. Single hole
d. Multiple hole
e. Semua benar
- Gambar no. 4 adalah :
a. Throtle
b. Pintle
c. Single hole
d. Multiple hole
e. Semua benar
29.
Pemeliharaan/servis pada nosel
injeksi meliputi :
a.
kemampuan tekanan injeksi,
b.
kebersihan,
c.
presisi dan keausan jarum nosel terhadap dudukannya.
d.
Tingkat pengabutan
e.
A, B, dan C benar
30.
Alat
yang digunakan untuk pengujian injection nozzel adalah :
a. Injection nozzel tester
b.
Cylinder
bore gauge
c.
Engine
analizer
d.
Dwell
tester
e.
Timing
light
No comments:
Post a Comment