RPP TDO KELAS X


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan  : SMK ROUDLOTUL ULUM KROMENGAN
Prodi Keahlian          : Teknik Otomotif
Komp. Keahlian         : Teknik Kendaraan Ringan
Kelas/Semester        : X/1
Mata Pelajaran          : Teknologi Dasar Otomotif
Topik                             : Memahami Dasar-dasar Mesin
Alokasi Waktu          : 5 × 45 menit
Pertemuan ke           : 1 - 5
 



A.     Kompetensi Inti
1.     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.     Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.     Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.     Kompetensi Dasar
1.         Lingkungan hidup dan sumber daya alam sebagai anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga keletarian dan kelangsungan hidupnya.
2.         Pengembangan dan penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar harus selaras dan tidak merusak dan mencemari lingkungan, alam dan manusia
3.         Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan dasar permesinan, proses pembentukan logam dan mesin konversi energy (emisi gas buang, oli, air pendingin dan limbah padat).
4.         Memahami dasar-dasar mesin.
5.         Menerapkan perhitungan dasar-dasar mesin

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.    Terlibat aktif dalam menjelaskan dasar ilmu statika dan tegangan sesuai konsep keilmuan yang terkait
2.    Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
3.    Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.    Terampil dalam menerangkan komponen/elemen mesin sesuai konsep keilmuan yang terkait


D.     Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran barisan dan deret ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, sikap senang, percaya diri, motivasi internal, sikap kritis, berperilaku peduli lingkungan dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat menjelaskan:
            Gaya, arah gaya
            Momen: bengkok, puntir dan tekan
            Tegangan tarik, bengkok, tegangan gabungan,
            Sambungan tetap dan tidak tetap
            gigi,rantai dan belt

E.      Materi Pembelajaran 


            Gaya, arah gaya
            Momen: bengkok, puntir dan tekan
            Tegangan tarik, bengkok, tegangan gabungan,
            Sambungan tetap dan tidak tetap
            gigi,rantai dan belt

F.      Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific). Pembelajaran koperatif (cooperative learning) menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem-based learning). 

G.     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.       Guru membuka pembelajaran dengan meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa, kemudian menyapa  dan menanyakan keadaan siswa.
2.       Guru memberikan informasi tentang tujuan pembelajaran, strategi pembelajaran serta cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari
3.       Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai materi pembelajaran yang akan dibahas.
Siswa yang ditunjuk guru langsung memimpin doa dan siswa yang lain mengamini.

siswa memperhatikan penjelasan guru
 




siswa berusaha memecahkan masalah



30 menit
Inti
1.       Guru membagi siswa dalam  5 kelompok yang terdiri dari 6 orang dan mempunyai kemampuan berbeda. Kemudian masing – masing kelompok dipersilakan untuk memilih ketua kelompok.
2.       Guru membagi materi diskusi yaitu kelompok:
·         Kelompok 1 mendiskusikan tentang Gaya, arah gaya
·         Kelompok 2 mendiskusikan tentang Momen: bengkok, puntir dan tekan
·         Kelompok 3 mendiskusikan tentang Tegangan tarik, bengkok, tegangan gabungan
·         Kelompok 4
mendiskusikan tentang Sambungan tetap dan tidak tetap
·         Kelompok 5 mendiskusikan tentang gigi,rantai dan belt
3.       Siswa diberikan lembar aktifitas siswa yang berisikan beberapa permasalahan yang terkait dengan tugas diskusi mulai dari pengertian, soal perhitungan hingga contoh real dalam kehidupan sehari-hari.
4.       Guru meminta setiap kelompok untuk meroling tugas diskusi dengan kelompok lainnya sehingga setiap kelompok mendapatkan semua tugas diskusi yang diberikan.
5.       Selama siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh dari pekerjaannya.
6.       Guru meminta salah satu kelompok dari masing-masing materi diskusi untuk mempresentasikan hasil diskusi.
7.       Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi hasil presentasi dari kelompok dan bersama – sama menyempurnakan apa yang dipresentasikan.
8.       Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok.
9.       Dengan tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan akhir materi pembelajaran
10.   Guru memberikan dua  soal yang terkait dengan pembelajaran.
11.   Guru memberikan tiga soal untuk dikerjakan tiap siswa, dan dikumpulkan.
siswa segera bergabung dengan kelompoknya masing-masing dan menentukan ketua kelompok.


siswa mendiskusikan materi yang yang telah ditentukan untuk kelompok masing-masing.











Siswa membaca materi







Siswa mendiskusikan dengan tanya jawab di dalam kelompok.









Siswa mempresentasikan hasil diskusinya.



siswa menanggapi hasil kerja kelompok lain yang dipresentasikan.


siswa mengumpulkan hasil diskusinya alam bentuk laporan.
siswa didampingi oleh guru menyimpulkan hasil diskusi.
siswa berkompetisi menjawab soal.
siswa mengerjakan soal yang diberikan kemudian dikumpulkan.
180 menit
Penutup
1.       Siswa diminta untuk memberikan kesimpulan pembelajaran.
2.       Guru memberikan tugas PR
3.       Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan informasi tentang topik pada pertemuan berikutnya.
siswa memberikan kesimpulkan


siswa mencatat tugas PR yang diberikan.
25 menit
TOTAL ALOKASI WAKTU
225 Menit
(5xPertemuan)

H.     Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1.       LCD, Lembar Aktifitas Siswa, Lembar penilaian 
2.       Sato G., Takeshi, N. Sugiharto H (1983), “Menggambar Mesin menurut Standar ISO”,  PT. Pradnya Paramita, Jakarta
3.       Buku referensi dan artikel yang sesuai

I.        Penilaian Proses Belajar
1.       Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2.       Prosedur Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
a.       Sikap selama proses pembelajaran berlangsung
Observasi/Pengamatan Sikap
Lembar penilaian pengamatan sikap oleh guru, teman, dan diri sendiri (Instrumen Terlampir)
2.
Menyelesaikan soal-soal materi pokok secara mandiri

Pengamatan dan tes
Tugas, tes tulis, tes lisan. (Instrumen Terlampir)
3.

a.       Hasil persentasi dan hasil kerja mandiri dinilai


Observasi/Pengamatan Psikomotorik
Lembar penilaian pengamatan keterampilan praktek/proyek/portofolio (Instrumen Terlampir)
3.       Pedoman penskoran
NO
JENIS PENILAIAN
SKOR
BOBOT
NILAI
1
Evaluasi kognitf

30%

2
Evaluasi Afektif

30%

3
Evaluasi Psikomotorik

40%


TOTAL NILAI AKHIR

4.       Kriteria Penilaian
Skor perolehan
Nilai / predikat
Keterangan
4
A
Sangat Baik
3
B
Baik
2
C
Cukup
1
D
Kurang

5.       KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)
Siswa dinyatakan telah tuntas dalam pelaksanaan pembelajaran apabila nilai siswa lebih dari 2,66. Siswa yang nilainya kurang dari KKM wajib mengikuti program remedial.




Mengetahui,
Kepala Sekolah



Drs. MULYONO M, Si.
NIP.
Malang, 06 juli 2017
Guru Mata Pelajaran



SUGIARTO
NIP.




No comments:

PERLENGKAPAN PENGAMAN KELISTRIKAN BODI DAN JENIS-JENIS PENGAMAN KELISTRIKAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN 4: PERLENGKAPAN PENGAMAN KELISTRIKAN BODI DAN JENIS-JENIS PENGAMAN KELISTRIKAN   A.     Tujuan pembelajaran pese...